NYERI LUTUT AKIBAT OSTEOARTHRITIS

Saat ini sangat sering kita mendengar kata osteoartritis atau sering disebut juga pengapuran. Seperti informasi tentang saraf terjepit, istilah pengapuran sering pula salah arti. Berikut penjelasan tentang pengapuran  atau Osteoarthritis atau sering juga di singkat O A. Karena pengapuran paling sering terjadi di lutut , maka kami menggunakan kasus pengapuran pada lutut.

Perhatikan gambar di samping. Lutut yang sehat tampak pada gambar lutut sebelah kiri, sedangkan lutut yang terkena pengapuran gambar sebelah kanan.

Lutut merupakan pertemuan 2 tulang besar yaitu femur(tulang paha) dan tibia (tulang kering). Fungsi lutut adalah penghubung pinggul dan ankle kaki. Jadi tekanan yang ada pada lutut sangat besar. Untuk memperlancar pergerakan, maka pada ujung tulang femur dan tibia dilindungi oleh tulang rawan atau cartilage dan tubuh juga menambahkan pelumas sebagi pelicin. Tulang rawan  permukaanya licin, sehingga memudahkan pergerakan antar tulang. Pada gambar disamping, tulang rawan digambarkan berwarna putih. Karena beberapa sebab, tulang rawan ini bisa habis dan rusak, sehingga akhirnya pergerakan menjadi sulit dan sering menimbulkan nyeri. Pada gambar atas , terlihat tulang rawan sudah mulai hilang pada beberapa bagian. Bagian yang sudah kehilangan tulang rawan sering menimbulkan nyeri, karena kehilangan tulang rawan tidak merata, maka biasanya penderita akan merubah posisi lutut sewaktu berjalan agar tidak nyeri. Akibatnya akan terjadi perubahan  bentuk kaki . Kita sering melihat, penderita osteoartritis mengalami perubahan bentuk kaki menjadi "O" atau " X", seperti pada gambar .

Jadi sesuai dengan penjelasan diatas, pengapuran berarti kontak langsung antar tulang, akibat tiadanya  tulang rawan yang mampu membuat gerakan antar tulang menjadi licin. Bagi penderita pengapuran lutut, aktivitas menaiki atau menuruni tangga atau berjalan jauh merupakan siksaan, karena bisa menyebabkan lutut  nyeri.

Apa penyebab dari pengapuran ? Yang paling sering kita dengar, adalah karena faktor usia, tetapi ini sepertinya mulai dipertanyakan. Saat ini penderita pengapuran pada lutut usianya sudah semakin muda, beberapa klien berusia awal 40 tahun sudah didagnosis pengapuran. Alasan berikutnya adalah pola makan yang tidak sehat dan berat badan yang berlebihan. Pola makan dan berat badan sangat mungkin terkait. Jika berat badan melebihi berat ideal, maka secara logika , beban lutut menjadi lebih berat dan kemungkinan kerusakan tulang rawan menjadi besar. Selain itu bisa juga akibat kecelakaan , olah raga terlalu berat yang melibatkan lutut, misal angkat besi dan berat, sangat rawan terjadi kecelakaan pada lutut.

Solusi untuk masalah ini yang umum terjadi adalah minum obat, yang bisa merangsang pertumbuhan tulang rawan dan juga merangsang pelumas pada lutut. Latihan fisik dan juga penggunaan alat terapi untuk lutut juga berguna untuk meredakan nyeri dan kekakuan pada lutut. Mengidealkan berat badan jelas bisa mengurangi beban lutut,   dan jika masih belum menyelesaikan masalah, maka operasi penggantian lutut mungkin akan menjadi jalan keluar terakhir.

Bagaimana di Sanctuary Mind, sesuai moto kami, tanpa Obat dan Operasi. Kami mungkin memiliki cara pandang sedikit berbeda mengenai solusi dari pengapuran .


Banyak kasus nyeri lutut yang sudah divonis harus operasi, ternyata dapat sembuh hanya dengan melakukan terapi yang kami ciptakan. Kalau dilihat secara lebih teliti, ternyata sebagian besar kasus terjadinya pengapuran hanya di bagian sisi dalam lutut saja atau hanya bagian sisi luar lutut , artinya ada ketidak seimbangan beban tubuh.

Ada klien yang lutut kanan sudah di operasi, selang 2 tahun , lutut kiri juga nyeri dan disarankan juga operasi. Setelah melakukan terapi, ternyata nyeri hilang dan sampai saat ini baik - baik saja tanpa perlu operasi.

Ada klien juga yang besok harus operasi , karena masalah gula darah tinggi, operasi ditunda. Selama ditunda, terapi di tempat kami, dan akhirnya malah tidak jadi operasi dan baik - baik saja. Bisa lihat di Testimoni Tidak Jadi Operasi Lutut

Berikut salah satu rahasia terapi yang bisa langsung di praktekan untuk keluhan nyeri lutut , Klik di sini

Semoga bisa membantu.

salam,
Sanctuary Mind

"Dokter masa depan, tidak akan memberikan obat, tetapi akan mencegah penyakit  pasiennya dengan pendekatan kemanusiaan, dengan pengaturan pola makan (diet) dan pengetahuan akan pencegahan penyakit. "
(Thomas Alva Edison, 1847-1931. Penemu)


Testimoni : Tidak Jadi Operasi Lutut
                Testimoni Nyeri CTS dan Osteoarthritis

Kapan waktu terbaik untuk terapi ke Sanctuary Mind? Klik di sini

Lihat testimoni yang lain? Klik di sini 
Info tentang biaya terapi? Klik di sini


Info mengenai apa dan bagaimana terapi kami ? Klik di sini

DISCLAIMER
Tidak ada jaminan, bahwa efek positif dari terapi bisa langsung dirasakan pada setiap klien. Hasil terapi, bisa berbeda - beda pada setiap klien.

No comments:

Post a Comment

TETAP BEBAS BERGERAK DAN BEBAS NYERI DI USIA 60 TAHUN KE ATAS

sumber foto : unsplash.com Saat usia menginjak 50 tahun, secara alami kondisi fisik sudah banyak mengalami perubahan. Sudah banyak keluhan f...